PILKADA KARANGANYAR 2013: PKS Usung Rohadi Widodo Sebagai Cabup

KARANGANYAR--Partai keadilan sejahtera (PKS) resmi mengusung wakil ketua DPRD Karanganyar, Rohadi Widodo sebagai bakal calon bupati (Cabup) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar 2013.

Keputusan ini disampaikan dalam rapat koordinasi wilayah (rakorwil) PKS daerah pemilihan IV dan V di gedung DPRD Karanganyar, Minggu (29/4/2012).

Setelah diberlakukannya SK No 006/D/Skep/AK-PKS/V/1433 itu Rohadi Widodo diperintahkan melakukan komunikasi dengan bakal calon bupati dari partai lain untuk melakukan koalisi. Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jawa Tengah, Abdul Fikri Faqih mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan hasil survei internal kader inti dan eksternal partai melalui tim optimalisasi musyarokah daerah (tomda).

“Baik dari internal maupun eksternal partai Rohadi Widodo menang. Kami memilih dia berdasarkan popularitas dan elektabilitasnya,” ujarnya saat ditemui wartawan.

Survei kader inti partai dilakukan dengan sistem voting. Sedangkan survei pada masyarakat dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 1.200 responden dari 177 desa di Kabupaten Karanganyar. Survei yang dilakukan pada Februari 2012 itu dilakukan oleh Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) Semarang.

PKS sengaja mengumumkan calonnya jauh-jauh hari agar bisa melakukan strategi dan komunikasi politik untuk mencapai target 12 kursi DPRD di Kabupaten Karanganyar. “Kami mencoba terobosan baru, kalau partai lain biasanya mengumumkan bakal calon bupatinya mepet-mepet. Selain itu saat ini ada sudah ada tujuh kursi di DPRD Karanganyar, tahun 2013 harus bisa bertambah menjadi 12 kursi” ujar Fikri saat memberikan pidato di depan kader PKS se-Jawa Tengah.

Fleksibel

Sementara Rohadi Widodo saat ditemui wartawan seusai serah terima SK calon bupati mengaku bangga bisa meramaikan Pilkada Karanganyar 2013. Ia juga berharap target yang ditetapkan partai bisa tercapai pada tahun 2013 nanti.  Namun saat ditanya tentang target pribadinya untuk menjadi calon bupati atau calon bupati ia menjawabnya dengan singkat. “Saya berupaya untuk bisa diterima masyarakat. Masalah jadi bupati atau calon bupati masih melihat tingkat penerimaan masyarakat nanti,” jelas Rohadi.

Ketua DPD II PKS Karanganyar, Syamsul Bahri mengatakan jika melihat peta politik di Karanganyar keputusan yang paling rasional untuk PKS adalah menjadi calon wakil bupati. “Kami belum membahas masalah koalisi dengan partai lain. PKS fleksibel saja tapi tetap rasional sesuai dengan hitung-hitungan,” tandas Syamsul.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s