PKS Jadi Kuda Hitam

sikap keras kepala mahasiswa tampaknya berhasil memengaruhi sikap partai di DPR. Partai Golkar yang tergabung dalam Setgab Partai Koalisi pendukung mengubah haluan dan ikut menolak kenaikan BBM. Peta partai menolak kenaikan BBM menjadi PDIP (94 kursi), Gerindra (26 kursi), dan Hanura (17 kursi). Jika Golkar (106 kursi) ikut bergabung, maka yang menolak kenaikan BBM menjadi 243 kursi.

Sedangkan pendukung kenaikan BBM adalah Partai Demokrat (148 kursi), PAN (46 kursi), PPP (38 kursi) dan PKB (28 kursi), total suara 260 suara.

PKS yang memiliki 55 kursi di DPR, belum menentukan sikap apakah menolak atau mendukung kenaikan harga BBM. Sikap PKS sangat menentukan arah kebijakan kenaikan BBM, jika PKS mendukung maka secara otomatis upaya pemerintah menaikkan BBM akan lancar, begitu juga ketika PKS bersikap abstain atau menciptakan opsi pilihan ketiga. Namun, jika PKS ikut menolak maka rencana pemerintah menaikkan BBM akan kandas.

Paripurna saat ini tengah berjalan. Tinggal tunggu, apakah PKS akan tergerak dengan demonstrasi di luar gedung parleman atau tetap berada dalam barisan pendukung pemerintah dalam menaikkan BBM?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s