99 Penentu PKS di Setgab Koalisi Rembuk di Medan

 

Gmbr. Halal bihalal DPC Matraman

 

Sebanyak 99 anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), orang yang dianggap sebagai penentu nasib PKS, akan mengambil kebijakan menyangkut partai ini. Apakah akan tetap berada dalam jajaran pendukung pemerintah, Setgab, ataukah menjadi partai oposisi, meninggalkan pemerintah?

Sedianya, majelis syuro akan bersidang awal Januari ini, namun diundur pada bulan Maret seiring dengan pelaksanaan Mukernas PKS yang akan diselenggarakan di Kota Medan, bulan Maret mendatang.

Ketua DPP PKS Bidang Humas Doktor Mardani mengungkap, selama dua bulan, Januari hingga Februari, PKS akan sosialisasi kepada semua kader di seluruh beberapa provinsi, antara lain, Kota Jakarta, Bandung, Tangerang, Cimahi, Sulawesi, Kalimantan.

“Ada enam titik yang akan dipusatkan. Sementara dua kota, Jakarta dan Medan akan dijadikan kota utama. Di Medan, sekaligus menjadi tuan rumah Mukernas PKS,” kata Mardani.

Dalam sosialisasi itu, akan diikuti sampai kepengurusan PKS tingkat bawah. 800 sampai 1000 kader, akan ikut serta dalam sosialisasi yang dinamakan optimalisasi kinerja partai tahun 2012.

“Kami tak berpikir lagi, apakah harus berada atau di luar koalisi. Kini, kami berpikir bagaimana menghadapi 2014, optimalisasi kinerja partai. Tahun 2012, tahun ekspansi, tahun tokoh, dan tahun program,” tuturnya.

Tak dipungkiri, dalam survey internal, banyak kader yang menginginkan PKS berada di luar kabinet. Ini didasari atas kekecewaan kader lantaran satu jatah menteri hilang, yakni Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Suharna Surapranata yang didepak SBY dari Kabinet, 20 Oktober silam.

“Namun, kami sekarang tak berpikir itu lagi. Keputusan berada di dalam atau di luar, sepenuhnya menjadi kewenangan Majelis Syuro. Kami hanya menjalankan, yang jelas, ada yang ingin keluar, banyak pula yang berharap tetap berada dalam koalisi,” kata Mardani menegaskan.

Sekretaris Fraksi PKS Abdul Hakim mengatakan hal senada. Bahkan menurutnya, pada Rakernas nanti, akan dibahas mengenai Capres ataupun Cawapres PKS. “Akan diagendakan secara keseluruhan penyikapan partai dan pemahaman politik laporan dari DPP, dinamikanya seperti apa dan mendengar laporan 33 daerah baik Provinsi ataupun kota,” ujar Abdul Hakim.

Tidak tertutup kemungkinan menurut Abdul Hakim Rapat Majelis Syuro menyikapi nasib PKS di koalisi juga akan dibahas. Semula, DPP PKS menggelar rapat pimpinan. Dalam rapim itu, ada usul dari daerah-daerah yang menginginkan PKS tidak perlu bertahan di Setgab, dan sebagian lagi menginginkan tetap bertahan. Meski begitu kata Abdul Hakim ia belum mengetahui perkembangan di majelis syuro PKS seperti apa mengenai sikap di pemerintahan.

“Belum tahu persis, semua di tangan anggota Majelis Syuro yang 99 itu, plus dari DPD. Kami tidak bisa mereka-reka,” kata dia.

Mengacu pada pernyataan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq yang mengatakan apabila di luar koalisi dianggap baik, akan dijalankan. Tapi, sebaliknya apabila berada di dalam pemerintahan lebih baik daripada di luar, pasti akan dijalankan.

Bukan hanya itu PKS juga dalam sikapnya selalu mengutamakan kepentingan persatuan dan kesatuan bangsa dan tidak mengedepankan keperluan internal PKS semata, juga bagaimana perjalanan bangsa ini dikawal baik, disikapi, dengan baik. “PKS lebih mencintai persatuan, dibandingkan kepentingan internal, dinamika memang terjadi tapi kami tentu akan juga mempertimbangkan,” jelasnya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/01/04/99-penentu-pks-di-setgab-koalisi-rembuk-di-medan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s