Aneka Julukan buat Jazuli: Si Kancil Putih sampai Si Gajah Siap Tanding

Banyak sekali julukan diberikan pada Jazuli Juwaini, salah satu kandidat dalam Pilgub Banten 2011 nanti. Jazuli berpasangan dengan Muzakki. Pengamat politik yang juga dosen Fisip Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten, Gandung Ismanto, menjuluki Jazuli sebagai “Si Kuda Liar”. Julukan itu diberikan oleh Gandung, karena menurut amatannya, Jazuli yang awalnya tidak diperhitungkan, bisa menyodok menjadi kandidat kuat. Jadi, dari “Si Kuda Hitam”, julukan untuk kandidat yang tidak diperhitungkan, Jazuli bisa menyalip menjadi Kuda Liar yang mengalahkan kandidat lainnya.

Cukup unik cara pengamat dan masyarakat Banten menjuluki Jazuli. Imas Eva Wijayanti, Ketua Bidang Litbang Pusat Data dan Laboratorium Kabupaten Pandeglang, menjuluki Jazuli dengan “Si Kancil Putih”. Julukan ini diberi karena sangat mungkin Jazuli menjadi pasangan yang memenangkan Pilgub, meskipun awalnya tidak diperhitungkan.

“Jazuli Juwaini yang dikenal si kancil putih memang mampu mendongkak popularitas secara cepat. Popularitas Jazuli yang semula paling buncit naik secara fantastis melewati Wahidin. Bahkan elektabilitasnya kian bulan meningkat hampir imbang dengan Atut dan Wahidin. Kecenderungan tren Jazuli naik secara fantastis. Dari berbagai surveri popularitas dan elektabiltas Jazuli naik secara fantastis bahkan melampaui Wahidin Halim,” tulis Imas Eva Wijayanti di Kabar Banten.

Bahkan, Imas juga menjuluki Jazuli sebagai “Gajah yang Siap Tanding”. “Sepertinya, Jazuli yang semula menjadi kuda hitam akan menjadi gajah yang siap tanding. Setidaknya selain jaringan, ia memiliki track record yang jujur dan bersih, dikenal baik di kalangan media, diterima di kalangan akademisi, pengusaha, jawara, pemuda dan ulama,” tambah Imas dalam tulisannya itu.

Jazuli memang dikenal sangat familiar di masyarakat Banten. Sosoknya sangat merakyat. Jika ia dijuluki dengan berbagai julukan tersebut, itu karena posisinya yang merakyat. Mungkin Jazuli bukan tokoh yang elite dan tidak diperhitungkan dalam Pilgub Banten. Tapi fakta menunjukkan bahwa kini “Si Kancil Putih”, “Si Kuda Liar”, “Si Kuda Hitam”, atau “Si Gajah” ini membuat kejutan dengan melejit ke atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s