Walikota Solo Disebut-sebut Maju Dalam Pilkada DKI 2012

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Walikota Solo Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi disebut-sebut diusung Partai PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilkada DKI 2012.

Dari berbagai sumber yang dihimpun, nama Jokowi mencuat setelah Bambang Wuryanto yang merupakan Sekretaris Fraksi PDIP di DPR menyebut nama-nama yang kemungkinan diusung PDIP saat Pilkada DKI 2012.

“Ada Fauzi Bowo, Prijanto, Rano Karno, dan Jokowi,” ujar Bambang. Menurutnya Jokowi adalah sosok yang cocok dan kompeten untuk memimpin Jakarta. Karena kota Solo yang saat ini sukses dipimpinnya, dinilai tidak memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan Jakarta.

Sejumlah pengamat menilai Jokowi yang sukses memimpin Solo belum tentu sukes memimpin Jakarta. Hal ini dikatakan oleh Yayat Supriyatna, pengamat tata ruang kota dari Universitas Trisakti. Menurutnya Jakarta memiliki permasalahan yang kompleks, berbeda dengan Solo.

Dikatakannya, bila keberanian Jokowi dalam menata kota Solo juga berani diterapkan di Jakarta maka hal itu patut diacungi jempol. Sementara itu Jokowi yang dimintai tanggapannya mengenai kemungkinannya maju sebagai DKI 1, menyatakan masih pikir-pikir. Jokowi mengungkapkan masih menghitung apakah dirinya benar mampu memimpin kota Jakarta. Menurutnya bila merasa tidak sanggup, maka tidak harus dipaksakan.

“Saya orang desa dari Solo, bukan orang Jakarta. Kalau merasa tidak sanggup tidak usah dipaksakan,” ujar Jokowi saat itu. Menurutnya harus ada hitung-hitungan kemampuan sebelum berani maju sebagai DKI 1. Permasalahan utama Jakarta seperti macet dan banjir dinilai harus ada hitung-hitungan yang pasti bila tidak mau berantakan.

Jokowi menambahkan masalah di Jakarta dapat diselesaikan dengan manajemen anggaran. Menurutnya hanya itu satu-satunya solusi yang dapat diambil. Mengenai komunikasi dengan partai soal kemungkinannya maju dalam Pilkada DKI 2012, Jokowi mengaku sudah ada komunikasi. Namun dengan siapa, Jokowi masih enggan mengatakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s