Misbakhun Pilih Mengundurkan Diri dari DPR

VIVAnews – Misbakhun akhirnya memilih mengundurkan diri dari Anggota Dewan sebelum dipecat.

“Misbakhun sudah mengundurkan diri,” kata Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR, Nudirman Munir, di Gedung DPR Jakarta, Selasa, 7 Juni 2011.

Dia menjelaskan, surat pengunduran diri politisi PKS itu diajukan pekan ini. “Iya, surat sudah kami terima bersama mundurnya Arifinto,” jelas Nudirman.

BK sendiri akhir bulan lalu sudah memutuskan menjatuhkan sanksi kepada tiga anggota DPR yang terbukti melakukan pelanggaran etika dan moral. Mereka adalah Anggota Fraksi PKS Misbakhun, Anggota Fraksi Demokrat As’ad Syam, dan Anggota Fraksi PPP Izzul Islam.

Menurut Nudirman, ketiganya telah dijatuhi vonis pengadilan berkekuatan hukum tetap. Politisi PDIP Dudhie Makmun Murod juga sempat masuk daftar di BK. Namun, tidak diproses lanjut karena sudah mengajukan pengunduran diri ke fraksi. “Dudhie disebutkan fraksi telah mengajukan pengunduran diri. Kalau sudah mundur, BK tidak berkewenangan lagi,” katanya.

Februari lalu, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta justru memperberat hukuman Misbakhun yang juga Komisaris PT Selalang Prima Internasional. Semula cuma setahun, bertambah jadi dua tahun.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis Misbakhun dan Direktur PT SPI, Frangky Ongkowardjojo, satu tahun penjara. Dalam putusan ini tidak ada denda yang dikenakan terhadap keduanya.

Majelis menilai terdakwa terbukti bersalah terhadap Dakwaan Pasal 263 Ayat 1 Juncto Pasal 55 KUHP tentang pemalsuan surat. Majelis menilai kedua terdakwa terbukti turut serta mendatangani surat akta gadai dan surat kuasa pencairan deposito pada 22 November 2007 guna mendapatkan L/C senilai US$22,5 juta. Padahal, deposito yang dijaminkan senilai USD 4,5 juta baru bisa dicairkan pada 27 November 2007. (umi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s